Kolakaku, Kolakamu, Kolaka kita semua

Refleksi Kerusakan Alam Kab. Kolaka.

Pernahkah kita mengenang kembali kondisi Alam Kabupaten Kolaka di Tahun 80-an?? Mungkin diantara kita sudah banyak yang lupa bagaimana keasrian alam Kab. Kolaka pada waktu itu atau bahkan banyak pula diantara kita yang belum tau bahwa Kolakaku, Kolakamu dan Kolaka kita semua kala itu ibarat sebuah istana yang dikelilingi oleh taman bunga yang jika musim berbunga tiba ia menebarkan aroma harum mewangi nan elok dipandang mata.

Masih teringatkah pada waktu itu Kolaka yang hampir seluruh wilayah pantainya yang membentang dari Utara ke Selatan dipenuhi oleh tumbuhan bakau dimana para ikan dan hewan laut lainnya berlindung dan menggantungkan hidupnya kepada habitat bakau itu? Masih ingatkah betapa mudahnya para nelayan kita mendapatkan ikan-ikan karena populasi tumbuhan bakau belum terjamah oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab ??

Namun adakah diantara kita yang pernah menduga jika sebongkah gunung yang berdiri tegak ditengah Kota Kolaka akan terkuras habis untuk menimbun lautan demi suatu program pembangunan sang penguasa?? Adakah diantara kita yang pernah meramalkan jika suatu saat akan datang seorang pemimpin yang akan menghilangkan sederetan pulau-pulau yang melindungi kota ini dari serangan air bah dari lautan yang suatu saat bisa terjadi ?? adakah diantara kita yang pernah merenungi ini semua ???

Kolakaku, sungguh sedih nasibmu kini. Sudah sekian lama hidupmu sangat menderita. Aku tahu engkau sangat merindukan kehadiran seorang pemimpin yang mempunyai komitmen terhadap kelestarian alammu. Engkau sangat mendambakan sesosok pemimpin yang bersih dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Engkau pasti sangat merindukan seorang pemimpin yang mencintai alammu yang tidak hanya dengan sejuta kata-kata yang menipu rakyatmu namun juga disertai dengan perbuatan yang tidak menjual tanahmu demi untuk mendapat simpatik dari para pengusaha tambang yang rakus akan harta yang hanya dapat menambah luka disekujur tubuhmu.

Kolakaku, jika boleh aku meminta kepadamu katakanlah kepada rakyatmu bahwa kelak janganlah memilih pemimpin yang tidak peduli pada kelestarian alammu. Katakanlah kepada mereka bahwa janganlah memilih pemimpin seperti pemimpin kita saat ini yang mencintai alammu, bahkan telah menerima penghargaan kelestarian lingkunganmu namun semua itu hanyalah kamuflase. Tidak disertai dengan perbuatan yang memang mencintai alammu dari lubuk hatinya yang paling dalam.

3 Responses to “Kolakaku, Kolakamu, Kolaka kita semua”


  1. 1 one Juni 9, 2008 pukul 8:51 am

    Saya pikir betul pemimpin daerah ini tidak tahu bahwa beliau dibuatkan jebakan oleh orang-orang di dinas pertambangan yang hari ini menikmati hasil konspirasinya dan berlindung dibawah ketiak Undang-Undang No. 22/23 dan 32/33 serta Undang-Undang pertambangan, coba lihat penampilan mereka terkhusus yang bidang yang mengurusi masalah perizinan penampilan mereka begitu pongahnya, mulai staff biasa, kepala bidangnya, sampai ke kadisnya pake Hp keluaran terbaru, mobil terbaru. mirip OKB (orang Kaya Baru) padahal semua orang kolaka tahu berapa penghasilan mereka, mereka tdk tahu ternyata mereka ber Onani.

  2. 2 icak Juni 9, 2008 pukul 1:54 pm

    Ohhh…. begitu yah..???
    maksih atas infonya. masih ada info lain????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: