Tolak PT. ANTAM Pomalaa.

Setelah Perut Bumi Bintan Habis Terkuras, Giliran Perut Bumi Pomalaa yang terkuras
Salah satu kekayaan sumber daya alam dari hasil bumi Pulau Bintan, di Kecamatan Kijang, Kabupaten Kepulauan Riau, adalah pertambangan bauksit. Jumlahnya melimpah ruah dengan kualitas terbaik di dunia.
Pengeksploitasian bauksit dari perut bumi Pulau Bintan yang dimulai sejak tahun 1935 hingga 2002 itu sudah menguras habis sebanyak 46.451.312 ton, dengan ekspor 45.127.911 ton. Berdasarkan catatan PT Aneka Tambang (Antam), sejak tahun 1970, ekspor bauksit per tahun mencapai 1 juta ton. Setiap bulan sedikitnya 12 juta dollar AS dihasilkan dari ekspor biji bauksit ke Jepang dan Cina.
Pihak pertama yang memanfaatkan tambang bauksit adalah perusahaan Belanda, NV Nibem, dari tahun 1935 sampai 1942. Pada tahun 1942 sampai 1945, usaha ini diambil alih Jepang melalui perusahaan Furukawa Co Ltd. Namun, pada tahun 1945 hingga 1959, usaha ini kembali ditangani NV Nibem, hingga akhirnya diambil alih Pemerintah Republik Indonesia dan dikelola PT Antam pada 1968 hingga sekarang.
Setelah hasil bumi bauksit tersebut dikuras selama 67 tahun, kini yang tersisa dari semua itu adalah bongkahan-bongkahan bekas penggalian bauksit. Bongkahan- bongkahan itu terlihat jelas di sekitar Kijang, terutama di tiga tempat kawasan penambangan, yaitu Pari, Wacopek, dan Lomesa.
Belakangan, luas areal penambangan bauksit di Kijang diperluas menjadi 8.327,11 hektar, dari sebelumnya 6.454,25 hektar. Perluasan itu didasarkan Surat Keputusan Menteri Pertambangan Nomor 2437.K/2014/MPE/1997 tanggal 11 Desember 1997.
Di kawasan Tanjung Pinang Timur, bekas lahan penambangan dijadikan kawasan bisnis Bintan Center, dengan didirikannya pusat pertokoan dan permukiman. Kemudian, di kawasan Kilometer 8, didirikan pula Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Raja Haji Fisabilillah, Sekolah Menengah Kejuruan Raja Haji, dan Gedung Balai Wartawan Raja Ali Kelana. “Tapi itu belum setimpal dengan apa yang sudah diambil dari perut bumi Pulau Bintan ini, khususnya di Kijang,” kata Yasman Andika, tokoh pemuda di kawasan Kijang.
Memang, PT Antam telah memberikan community development kepada warga, berupa pinjaman lunak kredit usaha, bantuan peralatan olahraga, peralatan sekolah, dan pembukaan jalan di sekitar lokasi penambangan. Akan tetapi, bantuan berupa uang kepada masyarakat sekitar hanya bersifat konsumtif. Belum ada bantuan yang diberikan kepada warga untuk membangun perekonomian masyarakat secara konkret, yang dapat menampung tenaga kerja secara berkesinambungan.
Hal senada dikemukakan M Sahat (45). “Janganlah sisa-sisa bongkahan dari penambangan menjadi hantu bagi masyarakat. Habis manis, sepah dibuang. Kalau benar- benar PT Antam punya komitmen, marilah duduk bersama warga, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Riau (Kepri), untuk membicarakan apa sesungguhnya keinginan warga,” ungkap Sahat, yang orangtuanya pensiunan PT Antam. Perut bumi Pulau Bintan telah terkuras habis, janganlah sisa persoalannya ditanggung rakyat di Kepulauan Riau!!!
Kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Antam lainnya adalah di Kab. Kolaka yaitu daerah Kec. Pomalaa yang mengekploitasi Kandungan nikel di daerah ini.
Tidak jauh berbeda dengan lokasi penambangan lainnya yang di kelola PT. Antam, community development disekitarnya sangat buruk apalagi kondisi lingkungan pabrik.
Pembangunan flyover untuk jalan produksi yang memotong jalan raya yang merupakan jalan umum berjalan lamban, inipun sebenarnya sudah terlambat! Sejak puluhan tahun yang lalu PT. Antam memotong jalan raya yang merupakan jalan untuk kepentingan umum demi kepentingan perusahaan belaka…Lalu lalangnya dump truck produksi dengan bak terbuka tanpa tutup menjadikan lokasi ini tingkat polusinya sangat tinggi, baik dari partikel debu maupun polusi dari kendaraan produksi yang lalu lalang beserta muatannya. Apalagi disekitar jalan produksi ini pohon-pohon sangat jarang, seharusnyalah PT. Antam menanam pohon lebih banyak lagi disekitar jalan produksi ini gar menjadi filter bagi polusi yang dikeluarkan oleh dump truck-dump truknya yang lalu lalang. Selain itu dilokasi ini juga rawan kecelakaan. Lampu Peringatan yang dipasang hanya berwarna dua yaitu merah dan kuning, kemana lampu hijaunya…?ini menandakan PT. Antam hanya mementingkan kepentingan perusahaan saja…padahal jalan yang dipotong ini adalah jalan yang diperuntukan untuk kepentingan umum yang dibangun dengan pajak rakyat…..Tidak hanya disitu dosa dari PT. Antam terhadap jalan raya, lihat sajalah jalan-jalan disepanjang jalan raya propinsi ini mulai dari kelurahan Dawi-Dawi sampai Desa Sopura terlihat rusak dan berlubang. Bagimana tidak..! Dump Truck-Dump Truck yang di kontrak oleh PT. Antam lalu-lalu lalang tiap harinya di jalan raya ini.
Pembuangan sisa limbah/tailing PT. Antam disepanjang pinggir pantai Pomalaa adalah salah satu penyebab musnahnya ekosistem pantai. Dahulunya Pantai Pomalaa adalah habitat dari berbagai jenis karang-karang, kini pantai itu dipenuhi oleh tailing yang kemudian menimbuni pantai dan membuat kondisi air laut disekitarnya menjadi merah!! Kondisi lingkungan yang buruk ini lebih diperparah lagi dengan terbukanya bukit-bukit bekas penambangan yang membuat pemanasan suhu disekitarnya. Bukit-bukit gundul yang kemerah-merahan terlihat jelas dari kejauhan, sungguh sebuah pemandangan yang buruk…!!!Dan yang lebih membahanyakan lagi adalah waduk-waduk buatan atau Chek Dam yang banyak dibuat diatas ketinggian bukit-bukit sekitar tambang yang sewaktu-waktu dapat meluap dan membanjiri pemukiman dan areal pertanian penduduk sekitarnya.
Soal dana Community Development, PT. Antam pernah menyerahkannya kepada Pemda Kolaka, hal ini membuat masyarakat yang terkena dampak langsung serta merta tidak langsung menikmatinya. Sisi lain buruknya pengelolaan di Perusahaan ini adalah masalah keamanan lokasi tambang, beberapa kasus pencurian terhadap scrap nikel sering terjadi, padahal lokasi ini dijaga ketat oleh security bayaran alias kontrak. Ironisnya lagi setiap kasus selalu ditutup-tutupi kepada wartawan baik dari pihak perusahaan maupun oleh Polsek Pomalaa.
Angka tenaga kerja lokalpun yang direkrut hanya dihitung-hitung jari saja, pengangguran dimana-mana,kemiskinan disekitar wilayah tambang menjadi-jadi, penyakitpun tentunya akan menjadi ancaman bagi masyarakat disekitar lokasi tambang…!!! Untuk itu, sebelum terlambat, tapi sebenarnya sudah terlambat segera..Tolak PT. Antam Sekarang Juga !!!

94 Responses to “Tolak PT. ANTAM Pomalaa.”


  1. 1 jibran Oktober 27, 2008 pukul 10:28 am

    pt. Antam harus berhenti beropersi di pomalaa krn tlah merugikan masy serta tdk adanya peduli lingkungan lgpl untuk menjadi karyawan antam susahnya minta ampun….sy sdh 7 x daftar tp tdk diterima …katanya bisa di terima tapi di bagian pembakaran..(panas gitu loh)

    • 2 dani Juni 2, 2010 pukul 10:05 pm

      sebetulx nd papa antam,yng perlu d perhatikan sekuritix soalx masak yng jaga nd beres mlah pencuri sendiri.masih banyak sekuriti yng lain yng lebih bagus dari nawa.kara911 mohon di pertimbangkan pak drt pt.antam tbk pomala

    • 3 Idol September 28, 2010 pukul 9:19 am

      @Jibran
      Gimana mau diterima kalo isi biodata saja salah2…wkwkwkwk..
      Kalau mau dibagian yang dingin, di bagian pemadaman.. pemadam kebakaran maksudnya… hehehehe

    • 4 albertho April 7, 2012 pukul 12:13 am

      kloc saya biar di bagian apa yg penting kerja di antam

    • 5 Anonim Desember 6, 2013 pukul 3:03 pm

      Klo tdk diterima ya sabar boss.. Yg bernasib sama dgn anda bukan cuma 1 orng sj.. Perlu diperhatikan,, sejak tahun. 95 sampe 2013 antam hanya menggelar rekrutmen sbanyak 5x.. Smntara, anda bilang 7 kali…? Eahh… Ngomong jangan pake dengkul yaa… Itu otak di fungsikan jg.. Spaya tdk buntuu…

  2. 6 teguh Oktober 28, 2008 pukul 12:53 pm

    Antam adalah perusahaan yg sangat profesional.baru2x ini Antam dapat penghargaan kategori hijau,artinya pengelolaan lingkungan sdh bagus dan bebas polusi.jangan seperti PEMDA KOLAKA yg bisanya cuma menghujat.biar besi tua didalam lokasi Antam diminta juga.selain itu juga pungutan macam2x diminta.Lebih bagus BUBARKAN PEMDA KOLAKA. ANTAM YESS…!!!

  3. 8 marthen November 9, 2008 pukul 9:04 pm

    Btl Antam adalah perusahaan yg sangat profesional.baru2x ini Antam dapat penghargaan kategori hijau,artinya pengelolaan lingkungan sdh bagus dan bebas polusi,cm saya mengutarakan usul ni . . . tenaga2 outshosingnya alias harian tlg diperhatikan banyak dari mereka yang punya skill dan kompetensi masing2x tapi upa dan sarana yang diberikan oleh pengelolah sangat tidak sesuai,kenapa sebaiknya dipertimbangkan kan kasihan,yang sebelumnya sehat tpi krna ada yg sdh bekerja sampai sekian tahun memeras keringat,banting tulang,terkena polusi pabrik dll ahirnya pada saat diperiksa mengidap .jd HARAPAN saya Kpd Bpk Pimpinan TOLONG dipertimbangkan Trimakasih.

  4. 9 Liuz Desember 4, 2008 pukul 8:30 am

    Sebenarnya Antam itu memang merupakan suatu perusahaan yang profesional tetapi harus di jangan juga terlalu berlebihan.
    Kalau dikatakan Antam baru2 mendapatkanpenghargaan untuk kategori lingkungan yang bebas debu ya kita percaya bahwa Antam memang
    memperolehnya, tetapi mengapa antam bisa memperoleh penghargaan itu pada Hal SETIAP HARI DEBU MASIH BERKIBAR DISEPANJANG JALAN, saya juga bingung kenapa bisa ya? atau inspeksi dilakukan pada saat hari baru saja hujan.

    Saya juga menghimbau antara pemerintah daerah dan antam mungkin lebih baik kalau saling koreksi diri?

    No a day without Improvement

  5. 10 Asli Pomalaa Desember 9, 2008 pukul 3:40 pm

    Eiiiiit setop dulu cez, PT. Antam yang manakah yg dibilang profesional terhadap lingkungan???? Tidak bisa boss main generalisasi begitu, tmsk juga bagi yang tidak setuju dgn PT. ANTAM (nikel pomalaa maksudnya komandan). Kalau dikatakan masuk Antam pomalaa itu susah, itu mmg NYATA krn ada yg main titip anak, saudara dll, blm lg dari luar daerah ikut jg mjd pesaing. Liat saja harga barang di pomalaa mjd mahal krn ikut harga “karyawan” jd yg bukan karyawan Antam “ngangngako” saja………Coba jg cek ke daerah Sopura & Tambea yg jadi korban keserakahan manusia pemburu dollar dari hasil menjual tanah yg mengandung nikel. Saya heran dengan org dikab Kolaka yg keluarganya mjd karyawan bgtu bangga dan membela Antam habis2an..Pikirkan juga boss bagimana kalo Nikel habis trus laut & tambak tdk produktif lagi, banjir melanda disertai longsor, mauko makan tanah kah???

  6. 11 asli tolaki mekongga Desember 27, 2008 pukul 7:23 am

    negara-negara kafir (Amerika) seenaknya saja ambil kekayaan Indonesia, ujung2nya rakyat kolaka yang akan menderita nantinya klo adami bencana seperti di daerah Sidoarjo. sy dulu mahasiswa S1 teknik pertambangan Fakultas Teknik Unhas, Makassar. jd saya tahu apa akibatnya klo penambangan yang tidak memperhatikan masalah lingkungan, hentikan penambangan seperti itu karena hanya akan mendatangkan kerusakan yang lebih besar ke depan, memang belumpi sekarang, tp ingat anak cucu kita yang akan datang……….!!!!!!!!!!!!!!!1

  7. 13 Asli Kolaka Di Jakarta Januari 7, 2009 pukul 1:11 pm

    ANTAM POMALAA dari tahun 80an hingga sekarang 2008 tidak ada perubahan, dalam proses pengelolaan lingkungan sampai saat lebih mementingkan eksploitasi sumber daya alam di bandingkan dengan pemeliharaan lingkungan di sekitarnya, sehingga masyarakat kolaka (asli) benar2 di rugikan ditambah lagi proses penerimaan karyawan lebih diutamakan hanya anak,saudara dan kerabat atau hanya suku tertentu atau main duit di Pusat (Jakarta), kalaupun ada anak daerah yg diterima hanya sebagai karyawan kontrak yang sewaktu waktu bisa di putus masa kontraknya, boro2 jadi top management jadi staf karyawan yg sudah diangkatpun bisa dihitung jari, sebagai anak asli Kolaka saya betul2 sangat kecewa karena apabila dibiarkan terus menerus sumber daya alam Kabupaten Kolaka akan habis yang menikmati orang daerah lain, sementara kami banting tulang hidup di Jakarta karena tidak bisa andil dalam proses pembangunan di daerah kelahiran kami sendiri.”STOP EKSPLOITASI SUMBER DAYA ALAM DI KOLAKA”

    • 14 putra pomalaa Agustus 17, 2010 pukul 9:01 am

      Maaf boss jangan asal ngomong,antam itu bukan perusahaan kacang kacangan,memang antam tidak sembarangan menerima pegawai dan harus melalui seleksi yang ketat,agar betul2 menerima pegawai yang propesional,makanya kalau anda mau jadi pegawai antam anda harus profesional klw anda tdk profesional ya…… maaf…. dech

    • 16 kpk_pomalaa Juni 8, 2011 pukul 7:59 pm

      yg ekploitasi di kolaka cpa ciii…. nak pomalaa aja gk pusing..!!!!!! yg hrus klian ekspos itu “pemerintah kemanakan thu dana kondev antam yg gede….”

  8. 17 Rina Januari 7, 2009 pukul 2:29 pm

    Buat Asli kolaka di Jakarta

    Saudara asli Kolaka di Jakarta, komentar anda sangat jelas mencerminkan rasa kekecewaan yang teramat sangat, tapi sangat disayangkan karena saudara menilai hal tersebut berdasarkan subyektifitas saudara. karena saya salah satu anak daerah yang sekarang bekerja sebagai karyawan Antam Pomalaa saat penerimaan Pegawai saya cuma berbekal optimisme dan mengikuti semua prosedur penerimaan dan tidak mengikuti proses yang seperti saudara ungkapkan.
    Mengenai Pengleolaan Lingkungan saudara sebaiknya ke Pomalaa melihat realitas yang ada, karena Antam selama ini telah melibatkan stake holder dalam pengelolaan dan penataan lingkungan. Dan asal tahu saja bahwa di Pomalaa sekarang ini tengah marak eksploitasi Biji Nikel dari berbagai Perusahaan Swasta dan lokasi eksplorasi mereka sangat berdekatan dengan wilayah kuasa pertambangan milik PT. Antam Pomalaa.

    • 18 kapujiang November 18, 2011 pukul 9:59 am

      istilah bkenx…….adakah pencuri mau mengaku?????tdk ada org yg salah kalo di indonesia bu…..krn smua org pintar ( pintar skali bodohx )…yang lulus murni di antam itu cuma ssegelintir..sisax KKN full…ini INdonesia Bu….

      • 19 albertho April 7, 2012 pukul 12:26 am

        etzzzzzzzzzzzz tunggu dulu ,,,,,,,,,,,,,yg perusak lingkungan tu pemda…bukan antam………….coba liat sekarang tambang liar di mana2,,,,,,kan asal nya dari pemda,,,,,,,,,,,,,,,perusda contoh nya(perusahaan daerah)yg kasi keluarkan iup kan pemda,,,,,,,,,,,,,,,,,,,na klo mau soroti PT,ANTAM……PERUSAK LINGKUNGAN OOOOOOOOOOOOOOO,,,,,TIDAK BISSSSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>KKKKKKKKKKK KATA SULE

      • 20 Anonim Desember 6, 2013 pukul 3:16 pm

        Boss.. Salah mkii ituu… Saya dulux nelayan.. bsa dibilang tdk ada kaitanx dgn antam krn tdk ada keluargaq kerja diantam… Saat Rekrutmen terakhir (2011) sy coba ikut tes.. Memang sangat sulit untuk menjadi bagian dr insan antam karena untuk masuk sj sy harus mengalahkan 6000 kontestan.. Semntara yg mau di terima 74 orng.. Alhamdulillah sy lulus murni tanpa ada unsur nepotisme.. Jd klo mau bilang jd pegawai antam harus main sogok, spertinya anda harus mereview ulang ucapan anda.. Okeemii bosss…

  9. 21 adji Januari 20, 2009 pukul 1:33 pm

    Paska tambang bauksit PT Antam, meninggalkan bongkahan2 yang tragis,bahkan terkesan tak terurus.semtara pt2 tambang bauksit yang melanjutkan ex Atam, hanya menyisakan kerusakan lingkungan di bintan. Buktinya,mulai di daerah Kijang-Bintan Timur,Tekis,dompak hingga Tanjungpinang.

    • 22 peduli bumn Januari 30, 2010 pukul 6:03 am

      Adji, penambangan bauksit Antam di Kijang selalu mengikuti “best mining practice” dan ikuti aturan lingkungan Amdal, RKL dan RPL, masalahnya pada saat harga bauksit tinggi banyak lahan-lahan yang dulu sudah direklamasi oleh Antam kemudian oleh Pemda diberikan lagi ke perusahaan swasta dan dikorek lagi tanpa memperhatikan lingkungan…

  10. 23 taufiq di palu Maret 4, 2009 pukul 12:24 pm

    prihatinka juga lhat kmpungku sekarang tapi mau di apa . cman bsa dongkoljiki saja . but bos antam pake pakeki juga kasian putra daerah kalau ada perekrutan karyawan . lhatki anak pomalaa banyak menganggur itu .

  11. 24 light Maret 5, 2009 pukul 11:54 am

    get a life asshole…

    maybe you can start try to get a job to do so, instead of be a crying baby desperately need help..

    bunch of losers..

    sigh..

  12. 26 ~padusi~ April 2, 2009 pukul 2:21 pm

    Wah… wah… serrru juga komentar tentang Antam POMALAA. Setelah tiga puluh enam tahun berlalu ternyata desa POMALAA yang dulu pernah kukenal dimana menikmati masa remaja yang indah sebagai murid SMP ANTAM ternyata penuh dengan gejolak dan keluh kesah. Semoga apa yang diperbincangkan menjadi perhatian Manajemen.
    Tidak jauh bersebelahan dengan areal KP – PT ANTAM – terdapat pula KP milik Swasta. Pedulikah mereka dengan masalah lingkungan yang kita keluh kesahkan ? pedulikah mereka dengan kehidupan masyarakat sekitar. Adakah mereka memiliki kewajiban untuk melakukan kepedulian terhadap usaha kecil rakyat ?
    Jika kita mempertanyakan ini, maka tak perlu berkeluh kesah dengan keberadaan ANTAM saat kini karena hampir 40 tahun yang lalu ANTAM telah melakukan yang terbaik bagi rakyat sekitar…

  13. 27 iwan April 5, 2009 pukul 10:24 am

    Hi ~padusi~
    Benar juga yah komentarnya, yuk buat reuni akbar SMP. Antam

  14. 28 firman April 16, 2009 pukul 6:31 pm

    kurang sepakat kalau antam di lenyapkan,
    tapi pihak antam juga harus mengerti juga kondisi masyarakatnya donk,

    jangan ks makan debu sama asapnya saja donk

    jangan hanya menyita hasil lahannya, tp sejaterakan jg masyarakatnya donk

  15. 30 hery April 19, 2009 pukul 11:52 am

    he he he…..

    koment bleh2 aja tapi liat sklilink bos..jgn asal nyerotos frsi sndiri..tu namanya ego..masuk ANTAM ga sulit kok..cuman butuh cerdas aja n ga cmn bisa nuntut doank..ato jangan2 KECEWA kali..sampe komentnya gitu..tau ah………………………….

  16. 33 mikos April 20, 2009 pukul 12:48 pm

    Saya sangat setuju juga sama teman2 yang kesal sama Antam tapi kita harus bagaimana kalau mau di pikir nepotisme dan main titip anak juga tidak betul buktinya saya sendiri anak pensiunan antam dan asli pomalaa dan orang tua saya yang pertama bongkar pulau Gebe sampai pensiun tapi tidak ada generasi penerus dan hanya bisa berharap dan sabar saja,

  17. 34 anak SMA 1 Pomalaa lulusan 06 April 20, 2009 pukul 5:36 pm

    jgn dulu urus pabrik antam
    tp urus dulu terbentuknya kab. kolaka selatan.
    sadarkah saudarako asal pomalaa, klu kita ditelantarkan oleh pemerintah kab. kolaka.

    mereka hanya menyita hasil dari pomalaa, tp tidak ada pembagunan infrastruktur yang terlihat.

    kita harus independent.
    buktikan kalau pomalaa adalah daerah yg bisa mandiri dengan penghasilannya.

    dan sadarkah juga kalau kolaka memiliki ketergantungan yang sangat besar dari pomalaa. makanya kolaka tidak mau melepaskan pomalaa untuk membentuk kabupaten sendiri.

  18. 35 mikos Mei 14, 2009 pukul 9:09 am

    memang betul,kalau kab.kolaka tidak mau melepas pomala untuk jadi kabupaten dan harus bagaimana sedangkan ada orang2 tertentu yang melakukkan hal2 tsb, dan kalau mau buat team yang bisa membawa pomalaa ke depan yang lebih baik,dan jangan terlena karna antam juga sudh habis cadangan nikel di pomalaa dan kalau itu tdk bisa ya harus mau blang apa tingal satu daerah yng mati

  19. 36 iwan_pomalaa Juli 13, 2009 pukul 6:38 pm

    ada apa dengan antam

    antam itu hanya mikik segelintir orang djakarta dan petingginya sj jd jgn berharap akan hal2 yang anda impikan betul antam memberikan bantuan lunak kepada masyarakat tp ada potong untuk orang antam jg

    antam memberikan bantuan yang kongkrit kepada masyarakat berupa limbah sleg yang dampaknya belum terasa skrg tunggulah saatnya nanti

  20. 39 rijal Juli 29, 2009 pukul 7:11 pm

    kasian anak pomalaa menjadi penonton dikampung metro dollar,hanya asap dan debu makanan sehari-hari,dipermainkan oleh antam dan pemda
    ewako ….anak pomalaa bisa tonji

    • 40 peduli bumn Januari 29, 2010 pukul 6:37 pm

      Rijal, hampir 90% tenaga kerja di Pomalaa merupakan warga sekitar…bahkan di Kantor Pusat Antam juga banyak pejabat dari Sulawesi.. kalau anda mau tahu tahun 2008 Comdev Antam yang diserahkan ke Gubernur sebesar Rp.103 miliar, tahun 2009 sebesar Rp.35 miliar karena harga nikel turun comdev. Dan tahukah anda nilai slag yang diminta Bupati Kolaka hampir Rp.40 miliar, dan tahukan anda Antam juga membayar pajak dan dividen kepada pemerintah pusat yang juga diturunkan ke daerah sekitar????

  21. 41 dwi Agustus 6, 2009 pukul 9:26 am

    anak pomalaa bisanya apa mau kerja dPT Antam
    apa karena anda lahir dipomalaa sehingga mau kerja di antam
    buktikan dulu apa yg telah kaumu perbuat untuk anak pomalaa
    jgn jd pahlawan yang kesiangan

  22. 42 mikos Agustus 6, 2009 pukul 10:45 am

    skali lagi jangan terlena dan banggakan PT Antam yang ada di pomalaa,dan perlu kita ketahui cadangan nikel yang ada saat ini untk pomalaa berasal dari malku utara dan cepat atau lambat PT Antam akan angkat kaki juga dari pomalaa jadi tiadak di tau pomalaa akan jd seperti apa

  23. 43 mikos September 7, 2009 pukul 8:04 pm

    coba lihat anak maluku tidak pernah suka mangeluh walau tanahnya habis

  24. 44 DAWI-DAWI KOE November 23, 2009 pukul 4:04 pm

    YANG SERAKAH ANTAMx,MASYARAKAT ATO PEMERINTAHx???????????kan yng penting doe,bukan karn lingkunganx ato hasil tambangx!!!!!!!!!!!

    • 45 peduli bumn Januari 29, 2010 pukul 6:47 pm

      Antam itu Badan Usaha Milik Negara..semua hasilnya diserahkan kepada Negara dalam bentuk dividen…coba lihat sekarang banyak China-china glodok yang punya wilayah pertambangan di Kolaka..untuk siapa hasilnya????

  25. 46 Andy Desember 22, 2009 pukul 10:07 am

    buat mas jibran
    mas jibran ingin PT Antam berhenti beropersi di pomalaa “krn tlah merugikan masy serta tdk adanya peduli lingkungan” atau “krn mas jibran tidak diterima menjadi karyawan PT Antam walaupun tlh mendaftar 7 kali”???

  26. 47 rudi Desember 27, 2009 pukul 3:00 am

    Seru juga membaca komentar teman-teman yang merasa memiliki tanah pomalaa, Padahal tanahnya merah lho…
    kalo pake baju putih waktu aku sekolah TK-SD-SMP pasti cepat kotornya ha…ha….
    Mungkin di pomalaa kurang obyek wisata airnya untuk mendinginkan kepala orang-orang yang sedang panas contohnya seperti di Surabaya ada Water park Ciputra, di lamongan ada WBL lalu di malang yang tempatnya ditempat ketinggian gitu punya tempat wisata air yang sangat bagus. Kalo di Bali….!?? jangan dibilang dah buanyak banget. Mungkin contoh-contoh yang seperti itu yang perlu dibangun di pomalaa agar gak ada komentar miring !!

    sukses buat anak-anak pomalaa ya ?

  27. 48 alamjie Januari 4, 2010 pukul 10:32 am

    wah seru nih komentar tentang antam, ada yang pro dan ada yang kontra..mungkin yang kontra karena sebagian ada kekecewaan pribadi tapi tidak sedikit kontra karena benar-benar obyektif melihat kekurangan dan merupakan pemerhati lingkungan…
    mungkin yang pro karena merasakan enaknya mendapat cipratan dari antam tapi ingat jangan mementingkan kepentingan pribadi dan enak sesaat anda menjadi pembela kepentingan antam jangan sampai anda hanya dijadikan tameng oleh antam…karena banyak saya dapati karyawam ketika masih aktif mati-matian membela kepentingan antam tapi ketika mereka pensiun baru obyektif dan mengatakan antam banyak kesalahan dan kekeliruan dalam menjalankan kegiatan eksploirasinya di pomalaa…saran saya buat teman-teman yang ada di antam mudah – muahan mendapat pencerahan sehingga dapat mengembalikan antam ke jalan yang benar dengan melakukan eksploirasi bukan eksploitasi….karena bumi adalah milik kita bersama bukan milik satu golongan atau segelintir orang saja.

    • 49 peduli bumn Januari 29, 2010 pukul 6:45 pm

      alamjie, Antam itu merupakan Badan Usaha Milik Negara bukan milik segelintir orang, keuntungan yang diperoleh Antam diserahkan kepada Negara, selain itu Antam juga bayar pajak penghasilan, PPN, royalty dsb, Antam juga memberikan dana Comdev kepada Gubernur, Bupati dan masyarakat sekitar yang nilainya sangat-sangat besar. Para pegawai dan direksi hanya mendapatkan gaji….
      Tapi apa yang terjadi dengan Antam…wilayah pertambangan Antam dipotong-potong dikasihkan ke perusahaan swasta milik China-china glodok yang bisa kasih upeti ke Bupati dan Gubernur….padahal mereka menambang tanpa Amdal, tanpa penuli lingkungan….. sangat menyedihkan negara ini dengan kebodohan masyarakat dan ketamakan Bupati dan Gubernur….

      • 50 Andy April 23, 2010 pukul 7:09 am

        peduli bumn karyawan antam ya? ato ada hubungannya dengan antam? sepertinya anda sangat mengenal kondisi internal antam ^_^

  28. 51 Saya Anak Antam dan saya Anak pomalaa April 14, 2010 pukul 6:06 pm

    saya anak pensiunan antam, dan saya juga lama tinggal di pomalaa, yang ingin saya tekankan adalah dunia itu tidak sedaun kelor, kalau anda tidak berhasil di antam, masih banyak perusahaan lain selain antam, macam-macam pula bidangnya, saya pernah coba ke antam, gagal, ga masalah, Antam adalah rejeki orangtua saya bukan rejeki saya.

    Perkara Antam mengeksploitas alam, sekarang jika bukan antam, saya yakin perusahaan lain akan melakukan hal yang sama, anda akan sama berteriak namun kepada perusahaan lain, karena pomalaa adalah daerah dengan hasil bumi untuk dimanfaatkan. sekarang jika tidak ada perusahaan yang mengeksploitasi nickel pomalaa, akankah daerah itu berkembang? bukan saya merendahkan potensi alam yang lain, namun memang itu sudah menjadi “bahan jualan” utama pomalaa, manfaatkanlah kehadiran antam didaerah anda, jangan biarkan hanya Antam yang memanfaatkan daerah anda. berpikirlah kreatif bagaimana anda bisa dinilai lebih oleh lingkungan anda sehingga anda dinilai bermanfaat.

    untuk semuanya salam kenal dan semoga sukses

  29. 53 Jimmy April 25, 2010 pukul 1:31 pm

    Sy bisa sarjana karena hasil Nikel dr Pomalaa tetapi smp detik ini sy tdk bekerja di Antam. Kawan, jgn terlalu berharap besar di Antam ketika gagal masuk kedalamnya; janganlah kau menghujat. Masih banyak tempat kerja di daerah lain yg masih menerima kemampuan kita selagi kita mau berusaha utk mendapatkannya. Ketika kita gagal tidak lolos dalam seleksi penerimaan karyawan jangan berpangku tangan & menghujat. Masih banyak kesempatan diluar sini. Sejelek – jeleknya Antam unit Pomalaa tetapi tanpa itu semua; anda yg telah menikmati hasil dr Antam bisa bersekolah & bahkan telah menjadi sarjana. jgn kecewa kawan. Keluar dr Pomalaa ketika blm ada kesempatan bekerja di ANTAM; jangan hanya berdiam diri disana. KITA JG BISA HIDUP TANPA KERJA DI ANTAM; selama pekerjaan kita halal. Syukuri apa yg kita dapat. Kita sebagai anak karyawan & pensiunan wajib membantu ANTAM utk menangani masalah lingkungan & masalah sosial yg terjadi di Pomalaa bukan menghujatnya.
    Untuk management ANTAM : Mari, kita bergandeng tangan untuk mengurangi masalah – masalah yg terjadi di areal sekitar penambangan. Sy pribadi siap membantu dalam menyumbangkan ide & saran jika diperkenankan (Safety & Environment problem).
    Wassalam,
    JD

    • 54 wit Juli 5, 2010 pukul 8:23 am

      saya sangat setuju dengan pendapat mas jimmy kita sangat bersyukur kita dapat sekolah yang lebih tinggi karena antam, dan kita dibesarkan krn antam, marilah kita sama-sama memelihara antam dengan memberi semangat dan motivasi, saya anak dari pensiunan antam mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan antam kepada orang tua kami yang telah memberi kan pekerjaan sehingga saya dan saudara dapat merasakan pendidikan yang lebih tinggi walaupun satupun kami tidak ada yang kerja diantam tapi kami sangat bersyukur kami telah mendapat kan rejeki ditempat lain, kami doakan semoga ANTAM TETAP JAYA.

  30. 55 adi wanariva banjarmasin Juni 6, 2010 pukul 11:56 am

    Pomalaa berita yang menarik tapi kita perlu kembalikan pada kearifan lokal disana tindakan apa yang perlu diambil karena segala dampak yang ditimbulkan merekalah yang menerimanya dan para pengambil kebijakan terutama pemerintah yang terkait dalam masalah ini bicaralah dgn fikiran dan hati nurani sebagai anak bangsa yang punya tanggung jawab terhadap masyarakat Pomalaa dan generasi penerus.Salam dari Wanariva Banjarmasin salam dari rimba kalimantan yang sdh pudar warna hijaunya

  31. 56 supriadi Juli 20, 2010 pukul 5:38 pm

    PT.ANTAM tbk adalah perusahaan yg profesional…..,setiap ada kerusakan,pencemaran jngan ANTAM terus donk yg di salahin…..buka mata lebar-lebar, semua itu di sebbkan karna menjamur’y perusahaan-perusahaan swasta yg mendaptkan izin dri pemerintah kab.kolaka…jgnlah selalu melihat sisi negativx sj,sisi positiv jg bny,kontribusix buat sultra adalah contoh yg bisa qt lihat brsama,jayalah ANTAM……

  32. 58 ariyanto Juli 21, 2010 pukul 9:12 pm

    Mengenai akses jalan mobil pengangkut di PT antam yang memotong jalan dari pabrik kelokasi pantai saya kira sudah lumayan bagus karena disana selama saya 4 bulan praktek tidak pernah melihat atau mendengar adanya kecelakaan. kemudian masalah penghijauan saya lihat dalam kompleks antam sendiri lumayan hijau bila dibandingkan denga perusahaan tambang yang lain antam termasuk yang sangat memperhatikan tanaman…menganai kariyawan saya melihat selama saya praktek di antam bagian alat berat sungguh memperhatingkan kondisi didalam bengkel dimana alatnya sudah tidak layak pakai apalagi masalah septinya luar biasa memperhatingkan ditambah lagi kariyawannya yang hanya kerja pada saat lembur…dan masalah keamanaan saya kira antara pencuri dan keamanan disana bekerjasama mengapa saya mengatakan demikian kerena pada saat disana saya melihat yang mengangkut besi untuk pergi dijual kariyawan sendiri dan pada saat pemeriksaan dibiarkan mobil yang mengangkut tersebut lewat begitu saja..intinya solusi dari masalah ini adalah kesejahteraan kariyawan masih sangat perlu di tingkatkan.

  33. 59 neo Oktober 12, 2010 pukul 11:39 am

    saya pkir memang benar tentang masalah kesejahteraan karyawan

    because klo ga ada, krywan antam mo ngapain coba,…

    ngga kan bisa kan, so,,karyawan lah yg hrus di perhatikan. trus msalah kebutuhan karyawan juga jngan di abaikan bgtu saja..

  34. 60 gito Januari 16, 2011 pukul 11:10 am

    Ngapain nyalahin BUMN, toh duitnya balik lagi ke Negara, liat itu swasta2 nya..

    Ane kerja di Pemerintahan, disitu keliatan Pemda2 tu sangat serakah memakai kedok otonomi daerah untuk koceknya sendiri..

    di Pomalaa juga sama, Pemda Kolaka memberikan gitu aja KP pada swasta yg jelas2 ga peduli sama CommDev..cuma gara2 dijanjiin duit gede..

    Sebagai perusahaan tambang Antam tu bisa untung gede2an sebenernya, tapi ga bisa untung gede karena sebagian besar profitny digunakan untuk pemerintah dan comdev, Swasta? liat aja perusahaan kecilpun bisa untung gede2an..

    Silahkan aja tolak antam, kasih ke swasta, kita liat jadi apa Pomalaa beberapa tahun lagi..

  35. 62 chudink96 Januari 29, 2011 pukul 2:57 pm

    bodoh sekali ini jibran percuma bikin malu korps mu, yh bodoh itu BUPATI MU, (BUPATI KOLAKA)

  36. 63 Mirwanto Muda Februari 1, 2011 pukul 4:30 pm

    Tulisan ini hebat juga ya…

    banyak yang mengimontari, sampai-sampai ada yang baku hujat, ada yang jadi hero, ada yang adrenalinya meninggi dan lai-lain….

    hummm…hanya bisa bergumam…

    bravo buat authorx….

  37. 64 chudink96 (pomalaa) Februari 11, 2011 pukul 6:51 pm

    di tolak mungkin proposal mu di antam jd sembarang ko bilang, kasi tau bupati mu pisah sj ko;aka sama pomalaa, tanya ju itu H. harun tolong hijaukan lokasi tempatnya menambang…

  38. 67 pomalaa di hatiku Maret 31, 2011 pukul 10:51 am

    mari teman2 dari pomalaa kita bersama-sama cari solusinya…..!!!
    jangan kita cuma bisa mengkritik….!!! Antam jg punya kontribusi yang besar untuk pomalaa…tp sangat d sayangkn apabila tidk ada nya keseimbangan antara penambangan dan penghijauan bisa2 anak,cucu kita tidak bisa melihat indah nya pomalaa….!!!

    Yang z sesalkan banyak nya kapal d perairan pomalaa mungkin ada sekitar 14 san lan yg mengangkut tanah pomalaa untuk d jual d luar negeri,bisa2 sekali angkut satu bukit yang terambil….,,

  39. 69 eks anak pomalaa Mei 31, 2011 pukul 10:05 pm

    knp kalian pengen ANTAM di bubarkan.!? Aq anak pensiunan ANTAM yg sebagian bsr hdpku di pomalaa n skrng bekerja di kalimantan perusahaan swasta tp aq tdk ingin PT.ANTAM di bubarkan walaupn aq skrg sdh tdk di pml lg,justru KP2 swasta yg hrs di bubarkan krn mreka menambang tanpa peduli dgn lingkungan sktrx,hanya meraup keuntungan semata jg pemda kolaka yg sperti benalu hanya mengharap bantuan dr ANTAM.

  40. 70 ANAK KOMPLEKS Juni 13, 2011 pukul 5:39 am

    BUPATI KOLAKA tolong perhatikan jalan sepanjang DRI, banyak org yg jatuh akibat jalan yg rusak, klo perlu tangkap H. HARUN (AKAR MAS), PERUSDA, dan jgn lupa org dines PEMDA si WARTO beserta (calo tambang )

  41. 71 Karyawan Antam Juli 7, 2011 pukul 10:41 am

    Nah.. ini yg salah… Antam itu perusahaan profesional boss…Selain mensejahterakan karyawanx Antam jg mensejahterakan daerah skitarx. bktix Kolaka bs bsr krn ANTAM… sbrx Pemda yg bobrok,,, sdikit2 mnta bntuan sm Antam… Untuk urusan perbaikan jalan msh berharap sm Antam. jd tugas km di daerah apa??? tdur??? mnding mati aja loe smw… ga ada gunax sm skli… Mnding Say NO TO Pemda Kolaka deh…..

  42. 72 fatimah al dzahra Agustus 15, 2011 pukul 8:36 pm

    kalau antam di bubarkan kasihan juga,,kan banyak karyawan yang bernaun di bawahnya, mau di kemanakan mereka nantinya semua,dan setau saya antam merupakan milik pemerintah,,
    di pomala bukan hanya antam, masih bayak perusahaan lain parahnya lagi mureka beroperasi secara ilegal dan menguntungkan negara lain, maunya pemerin tah harus bersikap tegas terhadap penambang2 liar itu…
    aq bukan orang pomala tp aku turut pri hatin terhadap apa yg terjdi di sana..

    dunia ini sanggup memenuhi seluruh kebutuhan manusia,,tpi tidak sanggup memenuhi kebutuha 1 orang pengusaha yang serakah

  43. 73 Anes Oktober 17, 2011 pukul 7:23 pm

    Ya….Trima ksih, Tlong diutama yang anak pensiunan yg diterima pada saat penerimaan karyawan, tolong buktikan kata-kata bapak

  44. 74 albertho April 7, 2012 pukul 12:32 am

    YANG KOMPLEN MA ANTAM NI ORANG2 SIRIK SMUA,,,,,,,,,,,,,,,BILANG KO SAJA MOKO JUGA KERJA DI PT,antam,,,,,,,,,,,,,coba ko suda kerja klo ko tidak diam2 saja di rumahmu sambil tungu2 bonus,,,,,,,,,,,,,,,,,,ha nya ko tdk kerja di antam jadi begini mi,,,,,,,sembarang mi saja ko bilang……………………….dasar sempak,,,,,,,

  45. 75 albertho April 7, 2012 pukul 12:37 am

    kolaka ga berani klo mau pisa ma pomalaa,,,,,,,,,,kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk……apa da mau dapat,,,,,,,,,,nda ada..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kkkkk

  46. 76 Anonim April 26, 2012 pukul 9:27 am

    Kijang jadi kota mati….antam tdk memberi kontribusi yang baik .setuju tolak antam di pom ala

  47. 77 Anonim Juli 2, 2012 pukul 9:19 pm

    memang PEMDAnya yg salah,g’becus kelola uang sama dengan d papua

  48. 78 amelia Juli 2, 2012 pukul 9:21 pm

    pomalaa sama nasibnya dengan papua,PEMDAx amburadul

    • 79 rama Januari 18, 2013 pukul 7:28 am

      apa yg kau ketahui tentang Pemda?? jangan berkicau kalau kau tdk mengetahui apa maksud tersebut,,krn emosional quationt di pemda ini bukan main2 pengurusanx

      • 80 Anonim Desember 6, 2013 pukul 2:54 pm

        Drdulu sampe skrng yg namax pemda kolaka itu cuma mulutx sj banyak.. Hhh… dana comdev dr antam dikemanakan boss…? Lari ke kantong bpk2 yg perutx buncit krna makan uang yg bukan hakx.. Paraahhhh…

      • 81 rama sinting Desember 6, 2013 pukul 3:39 pm

        Oeee… Jammakoo bcara sok intelek kalo nda ada ji ko tau…. Emosional quationt… Hahahwha apa ko bilang ituu…? Pemda memang orang serakah semua.. Makanya itu perutx buncit2 semuaa…

  49. 82 Anonim Oktober 9, 2012 pukul 1:24 pm

    bravo.,teman2 di pomalaa

  50. 83 Hardi Kemal November 24, 2012 pukul 10:12 am

    Pembangunan dipomalaa sngat lambat, bahkan bisa dikatakan ketinggalan, padahal dikelilingi perusahaan, ini berarti hanya sedikit pembangunan antam…

  51. 84 p3l Januari 4, 2013 pukul 9:30 am

    salam lestari buat teman2 ku pemerhati lingkungan mari kita sama2 aj melestrikan alam kolaka antam juga mau ko bekerja sama dalam perlestarian alam kami sering bekerja sama dalam pelestarian alam dari pt.antam entah x tambang antam atau penanaman mangrove hanya kan semua butuh proses karna antam tdk sekonyong2 anggaran gampang dikeluarin.

  52. 85 rama Januari 18, 2013 pukul 7:23 am

    rama..dari dua pihak pembangunan di desa pomalaa sebagian besar Antam yg membangunnya…dimana berbagai macam cara yg di lakukan antam untuk kepentingan masyarakat,membantu pemkab untuk pembangunan serta memberikan bantuan.jikalau antam tdk berada di pomalaa ,,pomalaa mau jd apa,mau jd sampah…jikalau antam tdk ada di pomalaa ,,pomalaa bagaikan hutan yg larat dlm kemiskinan …lihat dampak positif dr antam,jangan kecewa yg blom di trmh disana ,mungkin nasibmu …tdk akan di ubah nasib suatu kaum ketika dia tdk mengubah keadaannya sendiri.

  53. 86 ANAK PENSIUNAN PT ANTAM POMALAA April 12, 2013 pukul 7:11 pm

    KEPADA BAPAK PRESIDEN DAN PARA MENTRI BUMN YANG TERHORMAT, KALAU UNTUK MENSEJAHTRAKAN PARA PENSIUNAN PT ANTAM POMALAA, KARENA MEREKA TELAH BEKERTA DI PT ANTAM BERPULUH PULUH TAHUN LAMANYA MAKA APA YANG MEREKA TUNTUT SEKARANG DITAHUN 2013 INI ADALAH UPAYA UNTUK MENERIMA GAJI PENSIUNAN MEREKA SECARA KESELRUHAN, AGAR MEREKA TIDAK LAGI BERGANTUNG PADA PT,ANTAM DAN UANG PENSIUNAN MREKA TERSEBUT AKAN MEREKA PAKAI SEBAGAIMODAL USAHA ATAUPUN UNTUK PENGANGKATAN PEGAWAI ANAK MEREKA. UNTUK ITU AGAR PEMERINTAH SETEMPAT MOHON MEMPERHATIKAN PARA PENSIUNAN PT,ANTAM POMALAA TERSEBUT. DAN UANG PENSIUNAN MEREKA AGAR LEBIH CEPAT DICAIRKAN DIBULAN APRIL SAMPAI BULAN MEI 2013 INI KARENA MEREKA SANGAT MEMBUTUHKANNYA. DEMIKIAN PENYAMPAIAN KAMI SEBAGAI PENSIUNAN PT ANTAM POMAALAA.

    • 87 ANAK PENSIUNAN ANTAM September 21, 2013 pukul 6:47 pm

      PT ANTAM MEMANG OK,,TAPI KALAU MAU DILIHAT DARI KESEJAHTERAAN JAUH DARI PT TIMAH,PT BATUBARA DAN PERUASAHAN PERTAMBANGAN LAINNYA,,BOLEH TANYA KELUARGA PENSIUNAN ANEKA TAMBANG MEREKA SANGAT KECEWA DENGAN PT ANTAM, SEGALA SESUATU MENGENAI KESEJAHTERAAN PENSIUNAN HANYA JANJI TINGGAL JANJI, KASIHAN MEREKA YANG BEKERJA PULUHAN TAHUN TAPI APA YANG DI DAPAT? DARI DULU SAYA SUDAH MEMBANDINGKAN ANTAM DENGAN BUMN PERTAMBANGAN LAINNYA,,JAUH SEKALI PERBEDAANNYA, KALAU PEJABATNYA KAYA KAYA, TAPI COBA DARI PERINGKAT V KEBAWAH MENDERITA LUAR BIASA,,CONTOH : JUMLAH PESANGON YANG DI DAPAT DARI PT ANTAM JAUH SEKALI DARI PT TIMAH TBK, PT BATUBARA,,JADI PT ANTAM TOLONG REALISASIKAN SEGALA SESUATU MENGENAI HAL HAL PENSIUNAN ANTAM AGAR MEREKA DAPAT MENIKMATINYA DI DALAM HARI TUA MEREKA..

  54. 88 ANAK PENSIUNAN ANTAM GEBE September 21, 2013 pukul 7:37 pm

    saya tidak menyangkal bahwa saya jadi sarjana karna PT ANTAM Tbk unit nikel Gebe yang nota bene BUMN raksasa pertambangan tapi sekilas di perusahannya saja,,pensiunannya carut marut,,kasihan pensiunannya..tolong dewan komisaris dan dewan direksi jangan cuma duduk diam saja tolong lihat kebawah apa yang terjadi,kesejahteraan itu penting,,jangan cuma bangga dengan predikat predikat yang telah di capai PT ANTAM tapi kesejahteraan pensiunan dibawah standar sama sekali,,pejabat hanya bicara banggakan manajemen PT ANTAM tapi tidak pernah memperjuangkan hak hak pensiunan,,coba bayangkan pensiunan yang sudah meninggal atau yang itnggal tempat tinggalnya jauh di pelosok pelosok tapi hak haknya sepenuhnya belum di terima?? bagaimana mereka mau mengurus hak hak mereka??, coba tolong bentuk tim untuk mengurus hak hak mereka,,bagaimana dengan badan yang mengurus dana pensiunan Antam? koq cuma jalan di tempat? pensiunan merasa terlalu berbelit belit, apakah tidak bisa di beri kemudahan kemudahan untuk mendapatkan hak hak mereka? atau disengajakan agar pensiunan tidak lagi mengurusnya karna berbelitnya itu? semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membuka mata rohani, akal sehat,roh hikmat kebijaksanaan,rasa kasih sayang dari dewan komisaris dan dewan direksi agar mereka dapat memperjuangkan hak hak pensiunan,,,,SEMOGA

    • 89 Anonim November 3, 2013 pukul 5:43 pm

      Apa yg blm di realisasi oleh managemen antam sesuai kehendak kita,mungkin kita harus renungkan.bahwa perusahan tdk mungkin bisa memberikan sesuatu di luar kebijakan pemerintah yg di atur.bahwa antam adalah Suatu BUMN dan semua aturan yg di atur berdasar dg uud.dan kami yakin dlm perjalan antam dulu dan kini terus berbenah diri hingga ke titik kesempurnaan.jgn pesimis melihat antam saat ini,tapiiii harus optimis bahwa di lakukan saat ini pasti jauh lebih sempurna di masa akan datang bersama masyakat

  55. 90 BIM2 Agustus 11, 2014 pukul 1:36 pm

    KALAU MAU DILIHAT DARI SEGI KIRI, KANAN, DEPAN & BELAKANG. ANTAM ITU PUNYA RESPONBILITY YANG DMN PERUSAHAAN TERSEBUT BERTANGGUNG JAWAB DENGAN LINGKUNGAN. TIDAK HANYA MENGGALI SAJA TP MEMPERBAIKI KEMBALI, UNTUK DI DAERAH KOLAKA KIRANYA DAMPAK NYA SANGATLAH KECIL DI BANDINGKAN DI DAERAH KEC. POMALAA ITU SANGATLAH BESAR DI KARENAKAN DEBUNYA, TAPI DARI SEGI POSITIF NYA ANTAM ITU ADALAH SALAH SATU PERUSAHAAN YG KOORPORATIF. DIBANDINGKAN DGN PEMERINTAH DAERAH YANG TAUNYA HANYA MENERIMA TANPA ADA PENGELUARAN. SECRA BAHASA HALUS NYA….. YA MESKIPUN SAYA BUKAN SALAH SATU PEGAWAI ANTAM SAYA TETAP BANGGA DGN PERHATIAN ANTAM TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR.

  56. 91 Pomalaa Asli September 26, 2014 pukul 9:02 am

    Kecewa itu hal yang wajar, tetapi menjelek jelek kan seseorg atau lembaga itu tdk wajar alias kurang bagus, terkadang org yang kecewa itu selalu memandang negatif terhadap yang membuatnya kecewa. Dewasalah dalam berpikir. Antam telah memberikan banyak hal untuk masyarakat pomalaa.Tapi mungkin sebagian kecil orang belum sempat merasakannya hingga mereka kecewa. Tapi bagi saya ANTAM adalah kebanggaan masyarakat pomalaa.

  57. 92 Anonim September 28, 2014 pukul 7:51 am

    hidup antam maju terus

  58. 93 yuris yellow46 November 19, 2014 pukul 3:34 pm

    antam itu perusahaan besar. jd untuk kerja di sana ya di butuhkan sdm yg handal.

  59. 94 dg nompo Juni 1, 2016 pukul 9:54 pm

    Ass..kami sebagai warga dawi-dawi sangat mengharapkan ampas nikel/slek,karna slek sangat bermanfaat bagi masyarakat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: