GUNUNG TAMBORA PUNCAK TERTINGGI DI INDONESIA THN 1815

Gunung Api Tambora merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia yang sempat menggegerkan karena ledakannya pada tanggal 11 April 1815 yang menelan korban sebanyak kira-kira 92.000 jiwa. Berdasarkan catatan lainnya, tercatat ledakan Tambora pada tahun 1812, 1815,1819, dan antara 1847-1913 (Heryadi & Iqbal, Gunung Api Nusa Tenggara Barat), pada letusan tahun 1913, pada dasar kaldera hasil letusan tahun 1815 terbentuk kerucut dengan pipa kepundan di dasar kaldera bagian barat daya diberi nama Doro Api Toi memiliki garis tengah 100 m dan ketinggian 10 m hingga kini menjadi pusat aktifitas.
Gunung Api Tambora merupakan gunung api aktif strato tipe A dengan ketinggian 2.851 m, memiliki sebuah kaldera bergaris tengah +/- 7 km dan dasar kawah berukuran 3.500×4.000 m, serta mempunyai kedalaman 950 m. Di dalam kaldera sebelah barat terdapat sebuah danau dengan garis tengah membentang dari selatan hingga utara selebar 800 m, bentangan dari arah timur hingga barat selebar 200 m, mempunyai kedalaman mencapai 15 m terletak pada ketinggian 1.300 mdpl. Pada dasar kawah di bagian selatan terdapat kerucut parasit bergaris tengah mencapai 100 m tinggi 10 m, yang diberi nama Doro Api Toi (Gunung Api Kecil).
Hasil pengamatan (pertambangan) melaporkan bahwa adanya aktifitas berupa hembusan fumarola dan solfatara membentuk sublimasi belerang pada bagian dasar dan dinding kawah. Data seismik (gempa) dan data visual yang berhasil dicatat dari Pos Pengamatan Gunung Api Tambora bulan Oktober 1999 hingga September 2000 tidak menunjukkan peningkatan, sehingga gunung api ini masih berada dalam kondisi aktif normal.
Sebagai wilayah hutan, Tambora menjadi wilayah besar tangkapan air yang menjadi harapan hidup makhluk hidup di dalam kawasan maupun dan komunitas manusia sekitar kawasan. Selain itu, Gunung Tambora telah pula dijadikan habitat aneka macam satwa dan tumbuh – tumbuhan.

Beberapa Versi Sejarah Gunung Tambora
Bagian pertama : berupa kegaiatan yang menghasilkan aliran lava kawah pusat, kegiatan ini membentuk gunung api perisai, tingginmya diduga 1.800m dengan volume 600 km3.
Bagian kedua : lebih bersifat eksplosif, menghasilkan material lepas dan diselingi lava yang mengalir ke arah lereng timur – tenggara, selatan dan barat daya. Pada fase ini tinggi gunung api menjadi 4300m dengan volume material yang dihasilkan diduga 650 km3 (gambar van bemmel).
Bagian ketiga yaitu : terjadinya letusan yang sangat dasyat dan disertai oleh pembentukkan kaldera, menghasilkan material berupa jatuhan dan aliran piroklastik yang menutupi hampir seluruh gunung api.
Akira Takkada dkk (2000) menginformasikan, sejarah gunung api Tambora secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu gunung api Tambora tua, gunung api Tambora muda, Pembentukkan kaldera, dan pembentukkan doro api toi. Secara stratigrafi kawasan gunugn api Tambora disusun dari tua kemuda secara berurutan adalah : batu gamping (1 juta tahun), gunung api doro labumbu (690 ribu tahun), gunung api kawinda toi (410 ribu tahun), gunung api satonda dan gunung api tambira tua (100 ribu – 200 ribu tahun). Gunung api Tambora muda (500 tahun sampai 200 ribu tahun), da hasil erupsi tahun 1815 serta doro api toi. Hasil endapan gunung api Tambora muda yang terakhir berupa endapan batu apung nagamire (1000 tahun) dan abu pancasila (500 tahun) yang penyebarannya ke arah barat dan barat laut.
Junghun 1858 (Vide Untung M. 1985) menginformasikan, sebelum letusan gunung Tambora 1815 terdapat tiga kerajaan kecil yaitu Pekat, Sanggar dan Tambora (taklukan dari kerajaan Bima). Saat ini desa pekat berstatus desa dari kecamatan Pekat, kabupaten Dompu dan Sanggar adalah ibukota dari kecamatan sanggar, kabupaten Bima. Bekas kerajaan Tambora terletak disebelah timur gunung api Tambora di tepi pantai Bima tidak jauh dari Sanggar (sebelah timur Donggo Tabe Toi) berjarak 25 km dari puncak gunung api Tambora dan sekarang tidak ditemukan lagi bekas kerajaan tersebut . bekas kerajaan pekat terletak doi 30 km dari sebelah barat gunung api Tambora, dari arah Tambora terlindung bukit – bukit tua, namun akbita letusan 1815 nasib kerajaan ini sama sekali tidak musnah dan masih ada 2 jiwa yang selamat, sedangkan dari kerajaan Tambora hanya satu orang yang selamat. Bekas kerajaan sanggar terletak agak jauh lebih dari 35 km di sebelah timur tenggara gunung api Tambora letaknya tersembunyi dibalik Gunung Labumbu, namun akibat letusan kota ini hampir musnah. Pendapat para ahli tersebut mengutarakan bahwa kerajaan- kerajaan tersebut telah memilih lokasi yang cukup aman dari kemungkinan letusan gunung api Tambora, kalau saja letusan tidak seperti 1815.

Perlu Diperhatikan
Daerah bahaya gunung Api Tambora adalah daerah yang terkena langsung akibat material letusan, sepeti awan panas, aliran lava dan jatuhan piroklastik. Daerah ini meliputi daerah kaldera ditambah jurang sungai yang berhyulu di puncak Gunung Api Tambora sejauh +/- 6 km dari pusat kaldera. Luas daerah bahaya diperkirakan +/- 58,7 Km2 tanpa penduduk.
Daerah waspada adalah daerah yang kemungkinan terlanda akibat tidak langsung sesudah terjadi letusan, seperti aliran lahar akibat curah hujan yang tinggi dan kemiringan lereng yang terjal serta konsentrasi abu dan air yang merupakan media pendorong material tersebut. Luas daerah waspada diperkirakan +/- 185 km.

3 Responses to “GUNUNG TAMBORA PUNCAK TERTINGGI DI INDONESIA THN 1815”


  1. 1 asdf Februari 17, 2009 pukul 7:24 pm

    dfsdfsgsdgvsdgfcvgfdsdsaftaigoblokresesfkdjsdkgjdskgjkgjdjvkcxvjckljlskvldsklvkldsklfkdlskfldskflkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkksssssssssssssssssksksksksksksksfkdsgksssssssssssssssssssssssssssssssssssssssksdgogogogogogogogogogogogogogogogogogogopkdskogggggggggggggggggpdgkopsdgkosdgkodgosdgkodgkosdgkosdogkssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssskkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssskkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkksssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssskkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk


  1. 1 jasa seo murah Lacak balik pada Oktober 9, 2014 pukul 9:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: