PENDIDIKAN LINGKUNGAN HARUS DITERAPKAN DI SEKOLAH

Kalau kita pergi ke sekolah-sekolah, mulai dari SD sampai universitas, kita terus melihat pemandangan sampah yang dibuang sembarangan dimana-mana. Saya merasa anak-anak sekolah kita benar-benar tidak sadar bahwa membuang sampah dapat berakibat fatal pada lingkungan. Apalagi di Indonesia, kita selalu berpikir akan ada tukang pulung atau tukang sampah yang akan membersihkan sampah kita. Padahal jauh-jauh kita protes soal banjir, kita sendiri membuang sampah sembarangan.

Itu baru sampah, Bagaimana dengan hal-hal yang lain seperti penggunaan air yang seenaknya, makanan yang dibuang percuma, pembelian barang-barang konsumtif yang tidak perlu, dan lainnya.
Kita harus bisa memulai mengajarkan arti lingkungan pada setiap anak mulai dari kecil. Akan tetapi sekolah serta guru-guru pun harus ikut mendukung. Bagaimana mau mengajarkan lingkungan kalau sekolah itu juga gersang, tidak ada pohon sama sekali. Paling tidak banyak sekali yang bisa kita ajarkan ke anak sekolah. Mulai dari pelajaran bercocok tanam di petak kecil saja dengan tanaman yang mudah tumbuh agar anak-anak pun bersemangat. Lalu bisa membuat kompos dari daun-daun pohon berserakan serta sisa makanan, lalu menganjurkan anak-anak agar memakai kendaraan umum atau berjalan kaki dan bersepeda ke sekolah.

Ajak mereka menonton film “An Inconvenient Truth”, dan berpiknik ke taman wisata alam atau ajak mereka ikut menanam bakau. Juga ajak anak-anak pergi berkemah sehingga mereka bisa mencintai alam dan terbiasa untuk hidup di tengah alam.

Semua langkah ini kita terapkan karena lebih mudah merubah anak-anak dibandingkan orang dewasa. Anak-anak pun kalau sudah terbiasa sejak kecil maka kebiasaan tersebut bisa dibawa hingga dewasa dan ditularkan ke banyak orang. Dari semua ini, mudah-mudahan sedikit demi sedikit kita bisa memiliki masyarakat yang cinta dan peduli akan lingkungan…..Semoga…

0 Responses to “PENDIDIKAN LINGKUNGAN HARUS DITERAPKAN DI SEKOLAH”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,191 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: