GUNUNG KERINCI (3805 mdpl)


Gunung kerinci yang terletak di kec. kayu kab. kerinci – Jambi merupakan gunung tertinggi di Sumatra dengan kawah type strato (masih aktif dan memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air berwarna hijau) masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) seluas 1.484.650 hektare yang terletak di empat provinsi, sebagian besar taman nasional terletak di wilayah Jambi, gunung berapi ini terhimpit diantara dua pegunungan di barat dan di timurnya, kerucut yang paling muda gundul dan kawah gunung ini terletak di timur laut sisa dinding kawah berapi (3655 – 3649 mdpl), TNKS sendiri merupakan bukit barisan yang memanjang dari utara ke selatan pulau Sumatra.

Gunung Kerinci termasuk gunung berapi yang masih aktif, dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Di sebelah Timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Di tengah taman terdapat celah lembah kota sungaipenuh, perkebunan kopi, dan danau Kerinci.

Gunung ini dapat ditempuh melalui darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Dapat juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Dengan pesawat terbang dapat mendarat di Padang atau Jambi.

Keindahan panorama yang natural dengan kekayaan flora dan fauna dapat di temui mulai dari dataran rendah hingga puncak gunung Kerinci, tidak hanya untuk dinikmati tetapi sangat baik untuk melakukan penelitian dan pendidikan. Pendakian ke puncak gunung Kerinci memakan waktu dua hari mulai dari Pos Kersik Tuo.

Tidak jauh dari Gunung Kerinci terdapat danau pada kawah Gunung Tujuh. Terdapat juga pemandian air panas di Semurup. Terdapat jalur setapak yang jelas dan beberapa shelter menuju tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi. Terdapat menara observasi di puncak gunung Kerinci.

Tumbuhan dataran rendah di dominasi oleh beberapa jenis mahoni, terdapat juga tumbuhan raksasa bunga Rafflesia Arnoldi dan Suweg raksasa Amorphophallus Titanum. Dengan taman nasional Leuser, taman ini terhalang oleh danau toba dan ngarai Sihanok. Sehingga beberapa binatang yang tidak terdapat di taman Leuser ada di sini seperti tapir (Tapirus indicus) dan kus-kus (Tarsius bancanus).

Banyak terdapat binatang khas sumatera seperti gajah, badak sumatera, harimau, beruang madu, macan tutul, kecuali orang utan. Berbagai primata seperti siamang, gibbon, monyet ekor panjang dan Presbytis Melapophos. Terdapat juga 140 jenis burung.

9 Responses to “GUNUNG KERINCI (3805 mdpl)”


  1. 1 Nelly November 28, 2008 pukul 8:20 pm

    Buat yang posting data Gunung Kerinci..tengkyu ya… soalnya JIP butuh datanya bos…

    Manami Tim JIP..kenapa masih tenang-tenang…katanya mo naik Kerinci…

    Anto..sudah dikonsepkah???
    katanya kita mo lintas???

    kita jalan kalo bulan februari kalo kita umur pjg bagaimana??

    Salam hangat

  2. 2 robi candra September 11, 2009 pukul 12:48 pm

    pendakian ke gunung kerinci sangat lah mengasikan aku ingin lagi mendaki ke kerinci lagi

  3. 4 mohammad khudori September 11, 2009 pukul 6:04 pm

    diese gut artikle fur nature aktifitat, danke

  4. 5 ekka putera Oktober 8, 2011 pukul 10:27 pm

    waduch..
    Jadi pengen ssgra mngkin melakukan pendakian ke gn.kerinci.
    Biar pengalaman mendaki ku smakin lengkap stlah marapi n singgalang.

  5. 6 Mauludin Pb Oktober 25, 2011 pukul 11:50 am

    saya jg dah pernh mendaki gunung kerinci pd waktu sekolah di SMK N2 MA BUNGO bersma 2sahabatku yg bernama HARYANTO dan 1 shbthku dr ma bungo,mendaki kami selama 1 hr 1malam memang samp di puncak pemandanganya sangat elok sekali tepat tggl 17 agustus 2001

  6. 8 adriana febryani Januari 31, 2012 pukul 4:15 pm

    bisa krim data yang lebih akurat ttg gn kerinci?/

  7. 9 beni Februari 23, 2012 pukul 3:24 pm

    sy baru sminggu yg lalu pulang dari mendaki krinci,petualanganku tdk hanya dari mendaki,tapi dimulai dari perjalanan yg estapet alias numpang gratis,,hehehe,5x naik pick up; dari pekanbaru-padangpanjang-muaro bungo-bangko-krinci. pulangnya (naik travel) dr krinci-padang-bukittinggi-payakumbuh- pekanbaru. it was very cool.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,191 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: