Dilarang Ekspor Bahan Mentah

Perusahaan tambang dilarang mengekspor raw material (bahan mentah). Langkah ini diharapkan meningkatkan penerimaan negara, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Ini merupakan perubahan penting dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) sebagaimana diatur dalam UU Minerba yang disetujui Sidang Paripurna DPR 16 Desember lalu,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro dikutip WartaEkonomi dari situs ESDM pada Kamis (22/1/2009).
Sebelumnya, ekspor raw material dilakukan perusahaan tambang di Indonesia ke sejumlah negara selama tiga puluh tahun terakhir. Namun, Indonesia mengimpor hasil tambang seperti nikel dan perak dari negara lain dengan harga lebih mahal ketimbang ekspor raw material tambang.
Indonesia diharapkan memperoleh nilai tambah dari pelarangan ekspor raw material tambang. Pengelolaan sumber daya mineral dan batubara juga diharapkan lebih baik bagi negara tersebut.
“Saya yakin aspek-aspek penting dan strategis yang diperlukan untuk melaksanakan amanat pasal 33 ayat 3 UUD 1945 sudah diatur dalam UU ini dengan tetap menjaga iklim investasi tetap kondusif,” tukasnya.
Sementara itu lelang Wilayah Kerja Pertambangan juga diatur dalam UU baru Minerba. Begitupula perubahan perijinan Kontrak Karya/Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara dan Kuasa Pertambangan (KK/PKP2B/KP) menjadi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yaitu IUP Eksplorasi, IUP Operasi dan Produksi, Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) dan Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).
”Dengan UU Minerba, investor dalam dan luar negeri dapat beroperasi melalui skema IUP yang ditetapkan melalui system lelang,” tuturnya.
UU Minerba pasal 169 (a) menyebutkan KK dan PKP2B yang dilakukan sebelum  pemberlakuan UU Minerba tetap berlaku sampai jangka waktu berakhirnyakontrak/perjanjian. Kemudian, hal itu harus disesuaikan UU Minerba pasal 169 (b) paling lambat satu tahun setelah pemberlakukan tersebut. Mochamad Ade Maulidin.

wartaekonomi.co.id

0 Responses to “Dilarang Ekspor Bahan Mentah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: