Menentukan Posisi Berdasarkan Koordinat di Bumi

GPS atau Global Positioning System, atau lebih tepatnya GPS Reciever adalah suatu alat navigasi yang dapat menunjukkan posisi kita berdasarkan koordinat di bumi. Cara kerja GPS adalah dengan penentuan titik reciever dengan  metode triangulasi. GPS Reciever akan menerima signal dari GPS Satelit yang mengelilingi bumi. Saat ini ada 27 GPS yang mengelilingi bumi, 24 aktif dan 3 sebagai cadangan. Setiap saat GPS Reciever dapat menerima signal dari 12 satelit.

Secara detil, GPS Reciever akan mencari minimal 3 signal satelit sehingga didapatkan 3 lingkaran singnal. Dari ketiga lingkaran tersebut akan ditemukan potongan titik, dan titik tersebutlah menjadi koordinat kita di bumi. Semakin banyak signal GPS Satelit yang bisa diterima maka semakin akurat koordinat yang ditentukan.

Fungsi-fungsi GPS Reciever adalah :

  1. Alat navigasi yang sangat handal dan akurat bagi pendaki gunung, militer, pelayaran, penerbangan dan transportasi lainnya.
  2. Sebagai penentu keberadaan sebuah benda, sebagai contoh salah satu perusahaan taxi di Indonesia sudah memasang GPS Reciever di setiap armadanya sehingga kantor pusat dapat mengetahui dengan pasti dimana posisi armada tersebut.
  3. Dalam urusan militer dan politis GPS Reciever dapat berfungsi sebagai alat bantu intelijen, kerena GPS Reciever dapat berfugsi untuk mengetahu keberadaan target operasi.
  4. dan fungsi lainnya

Harga GPS Reciever saat ini sudah mulai terjangkau, dari 1,5 juta sampai belasan juta tersedia di pasaran. Saat ini tidak ada pajak pemakaian satelit bagi pengguna GPS Reciever, alias masih gratis. Di dalam GPS Reciever biasanya juga terdapat aksesoris seperti kompas, altimeter digital, barometer, software prediksi waktu terbaik saat mancing, penentu waktu sunset dan sunrise, dan lainnya.

GPS Reciever sangat penting bagi petualang atau orang yang senang pergi ke alam bebas. GPS juga penting bagi industri atau marketing karena dapat diketahui pola market mana yang sudah dituju atau sasaran mana yang belum didatangi.

Saat ini layanan GPS masih gratis, bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai navigasi tetapi juga alat bantu pengambilan keputusan. Anda berminat? Silakan beli!

~ by Stanislaus Riyanta

2 Responses to “Menentukan Posisi Berdasarkan Koordinat di Bumi”


  1. 1 Komeng Puta Rimbawan Pratama April 29, 2009 pukul 8:31 pm

    menurut saya jika kita belajar navigasi darat alangkah baiknya kita harus mengetahui cara menentukan posisi kita dipeta dengan manual (resection). saya sangat setuju dengan anda bahwa di era saat ini GPS sangat membantu kita untuk penentuan posisi kedudukan kita dengan cara yang sangat mudah dan instan, tetapi banyak hal tentang navigasi darat yang harus lebih banyak kita pelajari.
    salam buat semua pencinta alam di sulawesi..kapan kita bisa belajar bersama membahas navrat.
    kalau bisa kasih info tentang Fuyul (gunung) Sojol si Sulawesi Tengah

  2. 2 raihan Maret 26, 2012 pukul 7:33 am

    beri saya penjelasan bagaimana caranya memakai gps pd saat kt d laut memancing ikan.yg sy tnyakan bgmn caranya untuk mencari hamparan batu karang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,191 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: