WANITA – WANITA PENDAKI PERKASA

Sudah beberapa kali saya mencoba membuat diary dengan audio setiap kali melakukan perjalanan. Ternyata dalam situasi yang ekstrem dimana kertas dan pena sangat sulit maka audio adalah media yang paling pas. Ketika saya mendengar bahwa tape recorder Julie Tullis -pendaki wanita dari UK pertama yang menaklukan K2 ditemukan setahun lalu saya serta merta penasaran ingin mendengar. Saat itu saya denger lewat program BBC Radio 4 : It’s My Story (link ini menuju streaming audio untuk mendengar kembali klik program tgl disiarkan di sebelah kanan) yang disiarkan 27 October 2006 bersama dengan upaya keluarga Tullis untuk menelusuri kembali jejak ibu dan nenek mereka yang hilang duapuluh tahun lalu.

Yang menakjubkan adalah kualitas rekaman yang bening dan tidak rusak yang menunjukkan catatan terakhir sebelum Julie Tullis menghilang. Seperti halnya rekan pendaki British Alison Hargreaves, kedua wanita ini adalah seorang ibu dan wanita rumah tangga. Julie memulai karir ketika kedua anaknya menginjak remaja. Alison bahkan membuat dunia climbing tergetar karena keberaniannya memanjat di bagian rute sulit North Face Mt Eiger ketika sedang hamil 5 bulan ! Seperti Julie, Alison juga hilang di K2 diterjang angin kencang begitu turun dari puncak.

Cerita mereka saya baca di buku Savage Mountain : The Life and Death of the First Women of K2 oleh Jennifer Jordan memberikan wacana bagaimana kecintaan perempuan-perempuan ini terhadap gunung. Seperti yang diketahui K2 adalah gunung paling ditakuti karena memerlukan kemampuan teknis diatas rata-rata. Terjun ke arena mountaineering yang sepenuhnya “male-centered” adalah sebuah tanggung jawab logis. Yang pasti mereka mempunyai semangat untuk membuktikan bahwa gunung bukanlah monopoli laki-laki. Buku Alison yang berjudul A Hard Day’s Summer adalah buku catatan kecil tentang keberhasilannya menaklukan semua puncak Alps dalam satu musim. Sebuah prestasi yang belum bisa disamai oleh rekan climber yang lain. Dan yang mengharukan dalam pendakian itu ia membawa kedua anaknya untuk menikmati keindahan Alps ketika sang ibu sibuk memanjat.

Sayang sekali Alison tidak meninggalkan diary suara seperti halnya Tullis. Ia lebih suka mencatat dalam lembar kertas yang sungguh sangat susah untuk dijaga. Anyway sebagai wanita mereka patut dikenang.

In memorium of K2:

  • Wanda Rutkiewicz (born 1943) Polish. Summited 1986. Died on Kangchenjunga in 1992.
  • Liliane Barrard (born 1948) French. Summited 1986. Died while descending.
  • Julie Tullis (born 1939) British. Summited 1986. Died while descending.
  • Chantal Mauduit (born 1964) French. Summited 1992. Died on Dhaulagiri in 1998.
  • Alison Hargreaves (born 1962) British. Summited 1995. Died while descending.

3 Responses to “WANITA – WANITA PENDAKI PERKASA”


  1. 1 Nelly Juli 9, 2009 pukul 8:48 pm

    Hmmm.. Jadi terharu membaca artikel diatas..jadi kangen pengen “naik” lagi.. Kapan ya.. saya bisa melegenda seperti mereka..

    Nah itu pemberitahuan buat bapak2..bahwa ibu2/perempuan juga hebat didunia maskulin ini hehehe

  2. 2 Icak citaka Juli 13, 2009 pukul 1:17 pm

    Gimana mau melegenda kalo cuman diam ” ditempat “…..
    ” Slamat ULTAH Neng…Moga Puuaaannnjaaaaaaaaaaaaannnngggg Umur “

  3. 3 Nelly Juli 13, 2009 pukul 9:32 pm

    Bang…

    SIapa bilang kalo saya hanya diam ditempat..hehehehe hy saja sekarang ruang dan waktu belum memberikan peluangnya buatku..sabar..bang..ada waktunya

    miss u all


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: