MOUNTAIN SICKNESS ( Bag. 1 )

Seorang Penggiat Kegiatan Alam Terbuka ( KAT ), harus dapat mengenali ciri-ciri penyakit Gunung (Mountain Sickness) yang dapat saja menyerang,  penyakit yang menyerang seseorang di gunung terutama dipengaruhi oleh ketinggian, dingin, dan panas yang berlebihan.  Penyakit di gunung adalah faktor yang dapat diperhitungkan  oleh karena itu mempersiapkan perlengkapan dan fisik mutlak harus dilakukan oleh seorang  pendaki gunung. Kesegaran jasmani seorang pendaki gunung  tidak mudah dipengaruhi oleh Hipoksia ( berkurangnya  Oksigen) di gunung

Persiapan yang harus disiapkan oleh seorang pendaki gunung  sebelum melakukan aktifitas mendaki yaitu ; memiliki pengetahuan penanggulangannya dan peralatannya.

HIPOTERMIA ; Di Indonesia, kematian akibat kecelakaan di gunung kebanyakan diakibatkan karena eksposur (kehilangan panas badan), diantaranya adalah Hipotermia atau menurunnya suhu tubuh. Masalahnya ternyata bukan karena udara yang terlalu dingin, tetapi karena si penderita itu basah terkena hujan. Pakaian yang basah mengurangi nilai insulasi (kemampuan untuk menahan panas badan) sampai 90 % . Badan menjaga panas agar suhu tetap normal dengan beberapa cara:

  1. Melalui pencernaan makanan. Makanan yang masuk kedalam tubuh menghasilakn panas melalui oksidasi, dan ini penting bagi tubuh kita yang sedang beristirahat.
  2. Panas juga diperoleh dari luar badan itu sendiri, yaitu dengan memasukkan makanan dan minuman panas, sinar matahari, api atau panas dari tubuh orang lain.
  3. Melalui aktivitas otot, yaitu dengan gerakan tubuh dan menggigil. Menggigil adalah gerak yang muncul sebagai reaksi akibat kedinginan, dan ini menghasilkan panas yang setara dengan gerakan lari-lari kecil atau kalori dari dua batang coklat ukuran sedang yang dimakan setiap jam.
  4. Reaksi alamiah lainnya dari tubuh untuk mempertahankan suhu adalah melalui penyempitan pembuluh-pembuluh darah. Penyempitan ini mengurangi peredaran darah pada lapisan kulit, sehingga menjaga darah agar tetap dekat dengan jantung.

Orang yang terkena Hipotermia menunjukkan gejala-gejala yang sesuai dengan tingkat penurunan suhu tubuh. Kehilangan kesadaran misalnya, akan menyebabkan apa yang disebut paradoxical feeling of warmth. Penderita hipotermia justru merasakan hal yang sebaliknya  yaitu panas, sehingga menanggalkan pakiannya di udara yang dingin itu.

Kalau anda melihat tanda-tanda hipotermia, beberapa hal yang harus dilakukan untuk menanggulanginya :

Jangan membiarkan orang yang terkena hipotermia tidur, hal ini dapat membuatnya kehilangan kesadaran, sehingga tak mampu lagi menghangatkan badannya sendiri. Menggigil adalah usaha secara biologis dari badan agar tetap hangat, karena itu usahakan tidak tidur dan biarkan menggigil.

  1. Berikanlah minuman hangat dan manis kepada si penderita hipotermia.
  2. Jika pakainnya basah, segera ganti dengan pakaian yang kering.
  3. Usahakanlah untuk mencari tempat yang aman dari hembusan angin, misalnya dengan mendirikan tenda atau pelindung.
  4. Jangan baringkan penderita di tanah, usahakan memakai alas yang kering dan hangat.
  5. Masukkan penderita kedalam kantung tidur, usahakan kantung tidur itu dihangatkan terlebih dahulu oleh orang yang masih sehat, caranya orang yang sehat masuk terlebih dahulu kedalam kantung tidur, agar panas badannya menghangatkan kantung tidur secara cepat.
  6. Letakkan botol air berisi air hangat (bukan panas) ke dalam kantung tidur untuk membantu menghangatkan kantung tidur.
  7. Jika kantung tidur cukup lebar, tidur berdampingan karena kontak langsung kulit orang yang sehat dengan penderita akan cepat menghangatkan si penderita.
  8. Buatlah api agar dapat memberi rasa hangat kepada si penderita.
  9. Segera setelah si penderita sadar, berikanlah makanan manis-manis, karena hidrat arang merupakan bahan bakar yang cepat sekali menghasilkan panas dan tenaga.

(bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,191 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: