Gunung Mekongga Jadi Target Peneliti USA

IMG0094AKegiatan Alam terbuka, khususnya mendaki gunung, meski semakin hari diminati banyak orang namun bagi  orang awam tetap mengundang pertanyaan, “ mau apa sih mendaki gunung…. ?

 Gunung mekongga dengan ketinggian 2.620 Mdpl merupakan salah satu target bagi mereka yang gemar adventure, bukan hanya itu gunung mekongga juga dijadikan daerah objek penelitian bagi lembaga peneliti dalam negeri maupun luar negeri. Dari beberapa kali kegiatan penelitian yang dilaksanakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) selalu melibatkan Korps Pencinta Alam Kolaka – Indonesia ( Korps Citaka ) sebagai TIM Operasional Lapangan.

Pengarahan Hari ini 2 Agustus 2009 TIM LIPI 2 ( 24 Orang ), TIM Peneliti dari University of California ( UCLA ) 8 Orang dan 8 Orang dari Korps Citaka – Indonesia kembali mengadakan penelitian digunung tertinggi sulawesi Tenggara ini. Mereka berangkat dari Kota Kolaka menuju desa Tinukari kecamatan Ranteangin Kab. Kolaka Utara dengan menggunakan 7 buah mobil carteran. Tiga hari sebelumnya TIM 1 dari LIPI dan Tim Korps Citaka dengan 3 buah mobil membawa bahan makanan dan perlengkapan ke desa Tinukari sebagai entri point pendakian. Keesokan harinya dengan menggunakan 30 orang penduduk  lokal sebagai porter mereka tiba dilokasi CAMP 1 mempersiapkan lokasi dan perbekalan bagi TIM ke 2 yang akan tiba hari ini.

Kesibukan Sebelum Berangkat

Kesibukan Sebelum Berangkat

 Lumut, Serangga, Burung, Tumbuhan Pakis, Mikroba dan Budaya Lokal adalah target penelitian mereka kali ini. Penelitian ini diperkirakan memakan waktu 3 – 5 Tahun.

 Bagi Korps Citaka sendiri ini merupakan kegiatan penelitian yang ketiga kalinya bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, semoga kegiatan kali ini dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan memberikan sedikit gambaran dan jawaban kepada masyarakat awam terhadap pertanyaan “ mau apasih mendaki gunung…….?

2 Responses to “Gunung Mekongga Jadi Target Peneliti USA”


  1. 1 islamarket.net Agustus 3, 2009 pukul 10:25 am

    dengan mendaki, seharusnya bisa menjadikan nasihat buat para pendaki: “Betapa kecilnya manusia dibandingkan alam yang sangat luas.Masih maukah manusia sadar?”

  2. 2 Anonim April 10, 2010 pukul 1:35 am

    Knapa kt memdaki
    jwabanx:”because of there”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: