BENDERA KORPS CITAKA BERKIBAR DIPUNCAK RINJANI

hari raya nyepi 19 Maret 2007 pukul 06.00 Bendera Citaka Berkibar di puncak Gunung Tertinggi Ketiga di Indonesia yaitu di Gunung Rinjani Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pengibaran bendera ini dipimpin langsung Ketua Umum Korps Citaka Indonesia Ir. M. Rais Ambo.
Gunung Rinjani kembali menelan korban di bulan maret ini, tujuh pendaki tewas akibat keganasan dari puncak tempat bersemayamnya Dewi Anjani ini. Menurut tim evakuasi Murtadin dari Sembalun Pencita Alam yang sempat Citaka Temui mengatakan bahwa ketujuh korban tersebut dihantam badai dengan perbekalan dan pakaian yang minim (Tidak Safety: Red).
Memang Sejak bulan Januari Aktifitas Pendakian di gunung ini ditutup oleh Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani(TNGR) karena cuaca buruk, Namun dari data lapangan yang kami dapatkan masih ada saja pendaki yang dizinkan naek dengan alasan resiko tanggung sendiri. Terbukti sebelum tragedi tercatat ada mapala LAWALATA IPB yang mendaki digunung ini. Selain kurang konsistenya Pengelola TNGR juga kurangnya penjagaan dijalur-jalur pendakian illegal yang sering disebut Jalur Tikus. Sehingga masih ada saja para pendaki illegal yang naik kegunung ini yang menyebabkan terjadinya korban terbanyak di gunung ini.

Puncak Rinjani1
Pendaki pertama pasca 7 korban Gunung Rinjani

Pasca 7 Korban meninggal di gunung ini Korps Citaka menjadi Pendaki Pertama yang menginjakkan kakinya di puncak tertinggi ketiga di Indonesia ini dengan ketinggian 3726. sebenarnya ini bukan kali pertama bagi Citaka menginjakkn kakinya di gunung ini, beberapa bulan yang lalu Team JIP CITAKA menjelajahi gunung ini namun karena kondisi alam (badai pasir;red) tim ini tidak sempat menggapai puncak.
Perjalanan Tim CITAKA kali ini adalah perjalanan yang sangat menegangkan. Dalam suasana diliputi ketidak pastian akan cuaca dan larangan pendakian serta masih diliputi duka adari adanya korban di gunung ini, Tim Citaka berhasil mencapai Puncak dan mengibarkan Bendera yang lansung di Pimpin Oleh Ketua umum korps CITAKA.
Awal pendakian dimulai pada pukul 03.00 dini hari pada tgl. 17 Maret 2007. dengan ditemani salah seorang anggota Sembapala (Sembalun Pecinta Alam) melewati jalur tikus untuk menhindari Petugas TNGR dan Kepolisisan setempat. Tim memutuskan melakukan pendakian illegal karena tim yakin dengan kondisi cuaca yang cukup bagus setelah dua hari sebelumnya beraktimalisasi di kaki gunung serta perlengkapan yang safety procedural. Walaupun melakukan pendakian illegal tim tetap mengikuti prosedur keselamatan pendakian.
Personil Tim Terdiri dari Ir. Muh. Rais Ambo (Bang Rais), Anto, Indra dan Undo serta satu orang dari Sembah Pala (Asmin Iswandi). Dalam pendakian tim sempat menghentikan pendakian dan memutuskan Camp karena dihantam badai dan hujan deras di Cemara Siu. Nanti keesokan harinyalah tim melanjutkan perjalanan dan berhasil mencapai puncak tepat pada hari raya nyepi bagi ummat hindu. Rupanya Cuaca bersahabat waktu itu dengan Restu Tuhan dan Dewi Anjani bagi orang-orang pemberani seperti Citaka.

0 Responses to “BENDERA KORPS CITAKA BERKIBAR DIPUNCAK RINJANI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s







Info Citaka

*Bagi pengunjung yang akan memberi komentar, saran, dan kritik yang bersifat menghujat dan berpotensi sara akan kami edit, terima kasih

IDENTIFIKASI PENGUNJUNG

MY STATUS

Icak

Indy

Mien

Nelly

PENGUNJUNG ON LINE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 271,495 Pengunjung

PENGUNJUNG TERAKHIR

DAPATKAN $ USD Dengan 1X Klik

http://adf.ly/97301/banner/www.google.com

BERITA BERITA TERBARU

Masukkan alamat Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: